Inovatif Pelayanan, Samsat Surabaya Barat “Tebar” Petugas Rompi Biru

Surabaya, Obor Rakyat - Menciptakan ide atau kreasi baru dalam tingkatkan pelayanan publik, tampaknya dilakukan di Samsat Surabaya Barat. 
Suasana Kantor Samsat Surabaya Barat.

Surabaya, Obor Rakyat – Menciptakan ide atau kreasi baru dalam tingkatkan pelayanan publik, tampaknya dilakukan di Samsat Surabaya Barat.

Terpantau sebagian petugas mengunakan rompi dengan bertuliskan ‘Silakan Tanya Kami”.

Petugas yang mobile berkeliling area Samsat berompi itu, tak lain guna menanyakan para pemohon yang membutuhkan informasi dalam pengurusan baik pajak serta 5 tahunan.

Melalui salah satu petugas, mengatakan hal itu dilakukan atas gagasan dari pimpinan, menurutnya bentuk upaya dalam memaksimalkan pelayanan publik tersebut.

Baca juga: Lakukan Kredit Fiktif, Pimpinan BNI Jember Ditahan Kejati Jatim 

“Inovatif ini dari bapak pimpinan, bertujuan tak lain tingkatkan kepuasan pemohon di Samsat Barat,” ujar Iptu Darwoyo, Sabtu (12/10/2024).

Sambung kata perwira yang menyandang pangkat balok dua dipundaknya itu, bentuk pelayanan memang menjadi bagian yang diutamakan mengingat tugas pokok dan fungsi sebagai Polri, selain memelihara keamanan, ketertiban, penegak hukum, pengayom, melindungi.

“Tugasnya kita melayani masyarakat, tentunya mengoptimalkan rasa kepuasan yang dilayani, itu pasti menjadi prioritas. Lha mengingat resepsionis hanya terbatas, maka bapak pimpinan memerintahkan jemput tanya pemohon yang datang,” urainya.

Tugas mengarahkan, juga dikatakan Darwoyo pada fungsi piket berompi itu, agar pemohon tidak merasa bingung dengan langkah selanjutnya.

“Iya mengarahkan serta membantu cek berkas-berkas pemohon, kalau minta dibantu mengisihkan form kita juga siap. Pokok Komunikatif, ramah dan melayani dengan sabar itu wajib,” tegasnya.

Sementara salah satu pemohon, Putri Hesti Ningrum, saat itu ditanya wartawan terkait pelayanan, mengatakan kepuasan yang diberikan petugas jaga, menurutnya keramahan, komunikatif dan sangat membantu.

“Tadi bapak-bapak yang pakai rompi mengarahkan, dan diantar. Bantu cek berkas, ada yang kurang dibantu diingatkan. Enak mas jadi gak bingung. Untuk pelayanan jempol degh,” katanya sambil acungkan jempol dua, menandakan sebagai ungkapan lancar, baik, serta bagus.

Ditempat yang sama, pemohon paruh baya asal Gresik mengemukakan, cepatnya pengurusan karena adanya perubahan pelayanan, disebutkan hanya ada lima tahapan yang ia lalui saat urus plat 5 tahunan.

“Cepat, tadi ada berapa ya. Lima tempat (loket- red), iya, lima itu, cek fisik, cek berkas (Verifikasi berkas red), cek mbayar (kasir red) ngumpulno berkas, terus ambil dibelakang plat. Pokok lain dulu banyak loket,” ungkap yang berpesan agar namanya tidak disertakan.

Perlu diketahui, selain inovatif rompi bertuliskan “Silahkan Tanya Kami” guna jemput pemohon yang datang ke Samsat untuk dibantu pelayanan, Samsat beralamat di Jalan Raya Tandes Lor l, Tanjungsari, Sukomanunggal, Surabaya itu, masih gencarkan program Program Mahameru Walk-Thru (Mawatu).

Pembebasan pajak daerah atau yang lebih dikenal dimasyarakat pemutihan pajak yang berlangsung 1 Oktober 2024 s/d 30 November 2024, tentunya animo masyarakat meluap, sehingga program Mawatu dilauncing agar tidak berjubel.

Pemohon yang datang di pemutihan itu, kini tak butuh waktu lama perpanjangan STNK 5 Tahunan, hanya cukup waktu ± 30 menit dengan persyaratan lengkap.

Adapun peringatan HUT Ke- 79 Provinsi Jawa Timur, dalam program program sebagai berikut:

-Bebas Bea Balik Nama.

-Kendaraan Bermotor atas penyerahan Kedua dan Seterusnya (BBN II)

-BEBAS SANKSI ADMINISTRATIF, Keterlambatan PKB dan BBNKB.

-BEBAS PKB PROGRESIF.

-BEBAS DENDA SWDKLLJ, untuk tahun lewat. (nul)

Baca juga: Sejumlah kader Partai Nasdem Bondowoso Nyatakan Mendukung Paslon Nomor Urut 2 Bambang-Gus Baqir 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *