Daerah  

Setelah Kasus “Kredit Fiktif”, Bank Jatim Bondowoso Dikeluhkan Lagi karena ATM Bermasalah

Bondowoso, Obor Rakyat – Setelah sebelumnya tersandung kasus dugaan kredit fiktif, Bank Jatim Cabang Bondowoso kembali menjadi sorotan publik. Kali ini, keluhan datang dari para nasabah yang mengaku kesulitan mengakses layanan Anjungan Tunai Mandiri (ATM), terutama saat momen penting awal bulan.
para nasabah mengambil antrian. (Fot Ist)

(SEO Friendly):
Nasabah keluhkan mesin ATM Bank Jatim tak berfungsi di awal bulan, termasuk di kantor cabang utama. Pihak bank sebut akibat overload dan maintenance pusat.

Bondowoso, Obor Rakyat – Setelah sebelumnya tersandung kasus dugaan kredit fiktif, Bank Jatim Cabang Bondowoso kembali menjadi sorotan publik. Kali ini, keluhan datang dari para nasabah yang mengaku kesulitan mengakses layanan Anjungan Tunai Mandiri (ATM), terutama saat momen penting awal bulan.

Dalam beberapa hari terakhir, sejumlah mesin ATM Bank Jatim di wilayah Bondowoso, termasuk empat unit yang berada di kantor cabang utama, dilaporkan tidak bisa digunakan. Bahkan, beberapa nasabah mengaku kartu Bank Jatim mereka juga tidak berfungsi saat digunakan di ATM bersama maupun ATM milik bank lain.

“Semua ATM di kantor Bank Jatim—empat-empatnya—nggak bisa dipakai. Saya coba juga di ATM bersama dan bank lain, tapi kartu Bank Jatim tetap nggak bisa,” ujar salah satu nasabah, Rabu (2/7/2025).

Keluhan serupa juga disampaikan oleh Ervan, nasabah lainnya, yang menyebut bahwa gangguan ATM sudah terjadi sejak Minggu (30/6/2025). Ia juga menyoroti masalah klasik yang sering terjadi, yaitu ATM kehabisan uang, bahkan di luar jam sibuk.

“Sering kali ATM kosong, bukan cuma di cabang tapi juga di titik-titik lainnya. Ini jelas merepotkan, apalagi pas awal bulan,” katanya.

Seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) yang enggan disebutkan namanya juga mengungkapkan kekecewaannya. Ia sempat menanyakan langsung kepada petugas keamanan Bank Jatim terkait gangguan layanan tersebut.

Baca Juga :  Bangunan di Bibir Jalan Desa Kapuran Bondowoso Picu Kecelakaan, Status Lahan Masih Simpang Siur

“Katanya karena mesin ATM-nya sudah tua. Kalau memang sudah tua, kenapa masih dipakai? Jawaban seperti itu sangat mengecewakan,” ujarnya.

Namun, pernyataan berbeda disampaikan oleh Bagian Umum Bank Jatim Cabang Bondowoso saat dikonfirmasi awak media. Ia membantah jika penyebab gangguan karena faktor usia mesin.

“Bukan karena tua, Mas. Awal bulan seperti ini memang terjadi overload nasabah yang melakukan penarikan. Selain itu, ada maintenance dari kantor pusat. Kami di cabang sudah berupaya maksimal agar layanan ATM tetap bisa digunakan dengan baik,” jelasnya.

Layanan ATM Bank Jatim Jadi Sorotan
Masalah ATM ini semakin memperburuk citra pelayanan Bank Jatim di Bondowoso, terutama setelah munculnya sorotan tajam dari publik atas dugaan kredit fiktif yang sebelumnya menimpa internal bank.

Situasi ini juga berdampak serius bagi masyarakat, terutama ASN dan perangkat desa yang mengandalkan ATM untuk pencairan gaji dan dana desa.

Para nasabah berharap, pihak manajemen Bank Jatim segera melakukan evaluasi menyeluruh terhadap layanan perbankan, terutama fasilitas ATM yang menjadi tumpuan utama transaksi harian masyarakat. (*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *